Baiklah, ada beberapa identifikasi yang dapat anda lakukan untu melihat keuasan yang tidak wajar pada kendaraan anda.
1. Aus pada bahu ban atau tengah
Aus pada bagian tengah atau bahu ban |
Sebaliknya, jika tekanan ban terlalu tinggi maka posisi tapak yang menyentuh tanah adalah bagian tengahnya saja. Hal ini mengakibatkan bagian tengahnya akan aus lebih dahulu dari pada bahunya. Oleh karena itu jika ban kendaraan anda aus pada bagian bahu atau tengahnya saja, kemungkinan faktor - faktor diataslah penyebabnya.
2. Aus pada bagian luar atau bagian dalam
Aus pada bagian sekeliling ban |
Aus memutar, ditunjukkan pada gambar diatas. Keausan yang terjadi hanya pada bagian satu sisi saja, bisa bagian dalam ataupun bagian luar saja. Hal ini terjadi disebabkan oleh kecepatan memutar yang besar.
Mengubah susunan atau membongkar seluruh bagian suspensi dapat mempengaruhi alignment roda depan, menyebabkan aus ban yang tidak normal.
Jika salah satu sisi tapak ban aus lebih cepat dari yang lainnya, maka bisa kita simpulkan bahwa ini disebabkan oleh kesalahan pada penyetelan sudut camber.
lebih detailnya apabila keausan terjadi pada bagian dalam ban, maka penyetelan camber negative - too terlalu besar. Sebaliknya jika keausan terjadi pada bagian luar ban, maka penyetalan camber positif - too lerlalu besar.
3. Keausan berserabut ( keausan Toe In dan Toe Out )
keausan ban berserabut |
Penyebab utama keausan berserabut pada tapak ban adalah pengaturan pada sudut Toe. Toe in yang besar akan memaksa ban selip ke arah luar dan menyebabkan tapak terseret ke depan pada permukaan jalan yang menimbulkan keausan pada toe-in. Permukaan ban ( bagian tapak ) akan membuat bentuk seperti bulu, seperti ditunjukkan dalam ilustrasi. Kita dapat mengindentifikasinya dengan meraba tapak ban dengan jari dari bagian dalam ke bagian luar ban.
Sebaliknya, jika penyetelan sudut Toe-out yang terlalu besar, maka akan menimbulkan aus toe-out. Yang ditunjukkan dalam ilustrasi pada gambar diatas bahwapermukaan bagian tapak ban menjadi berbulu.
4. Aus Toe and heel
Aus ban toe and heel |
Untuk lebih mengetahui jenis - jenis pola tapak ban, baca Jenis - jenis Pola Tapak Ban
Aus toe-and-heel cenderung timbul lebih gampang ketika ban berputar dan tidak diberikan gaya gerak dan gaya rem. Jadi, aus toe-and-heel paling sering timbul pada roda bukan penggerak, yang tidak diberi gaya gerak (driving force). Lebih mudahnya adalah, jika kendaraan kita mempunyai jenis penggerek roda belakang, maka keausan toe and heel akan lebih mudah menyerang ban bagian depan ( karena bagian ban depan bukan sebagai penggerak ).
Dalam kasus pada roda penggerak, gaya penggerak menyebabkan ban aus di arah yang berlawanan dengan aus toe-and-heel. Gaya pengereman juga memberikan hasil yang serupa. Hasilnya, hanya sedikit aus toe-and-heel pada ban yang berperan sebagai ban penggerak ( ban penggerak akan lebih kecil terkena aus toe and heel ).
5. Aus sebagian ( cupping )
aus sebagian pada ban |
Tromol rem yang aus juga dapat menyebabkan rem berhenti pada interval tertentu saja, hal ini juga yang dapat menimbulkan aus setempat pada area yang luas pada arah sekeliling ban.
PETUNJUK:
a. Sebuah tambahan (canvas patch) yang digunakan pada tapak ban untuk memperbaiki kebocoran atau tonjolan akan mengakibatkan aus setempat (spot).
b. Tiba-tiba berjalan, mengerem, dan memutar juga akan mengakibatkan aus setempat.
c. Pemasangan roda yang tidak seimbang juga menyebabkan aus setempat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar