Perbedaan berat sprung dan unsprung pada kendaraan |
Memiliki sebuah kendaan yang nyaman adalah sebuah impian semua orang. Bagimana tidak, mobil yang rata-rata harganya diatas 100 jutaan dipakai tidak nyaman mungkin tidak akan laku dijual. Oleh sebab itu, produsen - produsen mobil berlomba mengembangkan kendaraan produksinya dengan mengutamakan kenyamanan bagi para penumpang didalamnya.
Namun, tahukah anda bahwa selain komponen - komponen kenyamanan yang bersifat assesoris pada mobil, ada sebuah sistem pengaturan berat yang memang harus wajib mereka lakukan. Yaitu pengaturan berat sprung dan ansprung pada kendaraan. Karena kedua faktor berat tersebut mempunyai kunci utama dalam mencapai kenyamanan pada setiap kendaraan.
Berikut ini adalah perbedaan berat Sprung dan Unsprung pada kendaraan :
1. Berat Sprung
berat sprung lebih besar dibanding berat unsprung |
Berat sprung kendaraan adalah berat komponen - komponen kendaraan yang ditopang oleh pegas. Komponen - komponen tersebut adalah bodi, kursi dan komponen - komponen lainnya. Nah semuanya itu jika digabungkan beratnya menjadi berat sprung.
2. Berat Unsprung
berat unsprung lebih besar daripada berat sprung |
Dari kedua perbedaan tersebut bahwa untuk mencapai tingkat kenyamanan paling baik adalah dengan cara memperbesar berat sprung ( bodi, kursi dll ) dibanding berat Unsprung (rangka, mesin, roda dll). Karena bila berat sprung lebih besar, sangat kecil kemungkinan body kendaraan akan berguncang. Lain halnya bila berat Unsprung lebih besar, yang demikian akan mengakibatka komponen - komponen sprung akan lebih mudah berguncang. Dan hal ini sangat mempengaruhi faktor - faktor kenyamanan berkendara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar