A. Konstruksi ban bias dan B. Konstruksi ban radial |
1. Tapak
2. Belt (rigid breaker)
3. carcas (lapisan menyilang)
4. Garis dalam
5. Bead wire
Ada beberapa klasifikasi ban yang harus kita ketahui. Diantaranya yaitu klasifikasi ban menurut cara penyimpanan udaranya dibagi dua yaitu ban biasa ( menggunakan ban dalam ) dan ban tubeles ( ban yang tidak menggunakan ban dalam).
Sedangkan menurut konstruksinya ban dikelompokkan menjadi dua yaitu klasifikasi menurut cara penyusunan ply-cord (susunan benang didalam ban ) yang membentuk carcass yaitu ban bias-ply (cross-ply tire) dan ban radial-ply.
Dan pada kesempatan ini hanya akan khusus dibahas mengenai ban bias dan ban radial.
1) Ban Bias
Ban ini dibuat dengan lapisan benang/serat arah miring membentuk sudut 30o – 40o terhadap garis tengah ban. Memiliki tapak (tread) dengan daya serap benturan yang baik sehingga memberikan kenyamanan berkendaraan. Adapun ketahanan terhadap keausan dan guncangan (rol) tidak sebaik ban radial.
2) Ban Radial
Lapisan serat pada ban ini tegak lurus dengan garis tengah ban, ditambah lapisan sabuk/belt (rigid breaker) searah lingkar ban yang terbuat dari benang tekstil kuat atau kawat yang dibalut karet untuk membuat tread lebih rigid.
struktur ban bias dan radial |
Adapun perbedaan mendasar antara ban bias dan ban radial yaitu :
Ban Bias
a. Dinding samping lebih tebal (kaku) dibandingkan dengan ban radial.
b. Telapak kurang kaku dibandingkan dengan ban radial
c. Dinding samping tebal akan mengurangi kelenturan, setiap gerakan akan mempengaruhi penampang telapak ban.
d. Pada saat menikung, sebagian telapak terangkat, sehingga mengurangi kekuatan kontak telapak dengan permukaan jalan.
Ban Radial
a. Dinding samping ban tidak tebal (lentur).
b. Telapak ban lebih kaku
c. Waktu kendaraan menikung, gaya menyamping diserap oleh dinding ban yang lentur, sehingga tidak mempengaruhi kedudukan telapak ban dengan permukaan jalan.
Sedangkan perbandingan prestasi jenis ban bias dan ban radial yaitu :
Ban Radial
a. Umur pemakaian lebih lama
b. Peningkatan panas ban kecil
c. Stabilitas pengendalian baik
Kelebihan :
- Daya pengereman lebih baik
- Hambatan gesekan (rolling resistance) kecil dan ketahanan ban pada kecepatan tinggi lebih baik
- Hemat bahan bakar
Kekurangan :
- Pada kecepatan rendah, kenyamanan nya berkurang dan pengemudian terasa berat.
Ban Bias
Secara keseluruhan prestasi ban bias merata, misalnya :
a. Dinding samping ban tidak tebal (lentur).
b. Kenyamanan cukup baik
c. Umur ban dan kemampuan pengendalian sedikit lebih rendah daripada ban radial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar