Mekanisme yang membuka dan menutup katup-katup ini disebut mekanisme katup. Berikut ini tipe-tipe mekanisme katup :
1. Tipe Over Head Valve
Mekanisme katup ini sederhana dan high reliabity. Penempatan camshaftnya pada blok silinder dibantu oleh :
a. Valve lifter
b. Push rod
c. Rocker arm
2. Tipe Over Head Camshaft
Camshaft ditempatkan pada kepala silinder, dan camshaft langsung menggerakan rocker arm tanpa melalui lifter dan push rod.
Kerugian :
- Lebih rumit dibanding dengan OHV
Keuntungannya :
- Berat bagian yang bergerak menjadi berkurang
- Kemampuan pada kecepatan tinggi cukup baik, karena katup-katup membuka dan menutup lebih stabil
3. Tipe Double Over Head Camshaft
Pada kepala silinder terdapat dua camshaft, yang satu untuk menggerakkan katup masuk, dan yang lainnya menggerakan katup buang. Camshaft membuka dan menutup secara langsung dan tidak memerlukan rocker arm.
Adapun keuntungan DOHC :
- Berat bagian yang bergerak menjadi berkurang
- Kemampuan pada kecepatan tinggi cukuo baik, karena katup-katup membuka dan menutup lebih presisi
Adapun kerugian DOHC :
- Konstruksinya sangat rumit
- Harganya Mahal atau biaya produksi mahal
3. Tipe Double Over Head Camshaft
Pada kepala silinder terdapat dua camshaft, yang satu untuk menggerakkan katup masuk, dan yang lainnya menggerakan katup buang. Camshaft membuka dan menutup secara langsung dan tidak memerlukan rocker arm.
Adapun keuntungan DOHC :
- Berat bagian yang bergerak menjadi berkurang
- Kemampuan pada kecepatan tinggi cukuo baik, karena katup-katup membuka dan menutup lebih presisi
Adapun kerugian DOHC :
- Konstruksinya sangat rumit
- Harganya Mahal atau biaya produksi mahal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar