Minggu, 10 Juli 2016

Jenis-Jenis Mekanisme Katup

Mesin 4 langkah mempunyai satu atau dua katup masuk dan katup buang pada setiap ruang bakarnya. Campuran udara bahan bakar (udara murni) masuk ek silinder melalui katup masuk, dan gas bekas keluar melalui katup buang.
Mekanisme yang membuka dan menutup katup-katup ini disebut mekanisme katup. Berikut ini tipe-tipe mekanisme katup : 

1. Tipe Over Head Valve 
Mekanisme katup ini sederhana dan high reliabity. Penempatan camshaftnya pada blok silinder dibantu oleh :
a. Valve lifter
b. Push rod
c. Rocker arm

2. Tipe Over Head Camshaft

Camshaft ditempatkan pada kepala silinder, dan camshaft langsung menggerakan rocker arm tanpa melalui lifter dan push rod. 
Kerugian : 
- Lebih rumit dibanding dengan OHV
Keuntungannya :
- Berat bagian yang bergerak menjadi berkurang 
- Kemampuan pada kecepatan tinggi cukup baik, karena katup-katup membuka dan menutup lebih stabil

3. Tipe Double Over Head Camshaft

Pada kepala silinder terdapat dua camshaft, yang satu untuk menggerakkan katup masuk, dan yang lainnya menggerakan katup buang. Camshaft membuka dan menutup secara langsung dan tidak memerlukan rocker arm.

Adapun keuntungan DOHC :
- Berat bagian yang bergerak menjadi berkurang
- Kemampuan pada kecepatan tinggi cukuo baik, karena katup-katup membuka dan menutup lebih presisi

Adapun kerugian DOHC :
- Konstruksinya sangat rumit
- Harganya Mahal atau biaya produksi mahal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar